Sabtu, 03 Desember 2011

Tips Belajar

Sebagai seorang pelajar, belajar merupakan kewajiban kita. Setiap hari kita menuntut ilmu di sekolah. Namun, bagaimana dengan belajar dirunah? Apa teman-teman sering mengalami kesulitan saat belajar dirumah? Jika memang benar,  tak ada salahnya kita mencoba tips dibawah ini :
1)    Belajar memang kewajiban kita , tapi manfaatkanlah waktu seefektif mungkin. Jangan sampai kita melupakan kewajiban utama dalam beribadah seperti sholat hanya karena belajar yang tidak mengenal waktu
2)    Usahakan pikiran kita santai dalam belajar
Jika kita dalam keadaan marah, sedih, galau atau bingung, belajar yang kita lakukan tidak akan ada manfaatnya dan hanya akan membuang –buang waktu saja.
3)    Jangan sampai kita belajar dalam keadaan mengantuk
Jika kita benar-benar lelah dan mengantuk, istirahatlah terlebih dahulu. Tidur akan dapat memulihkan pikiran kita kembali.
4)    Hindari belajar secara terus menerus
Optimalkan waktu yang ada, mungkin 2 jam untuk belajar, 1 jam untuk istirahat, lalu sebelah itu baru belajar lagi. Karena jika kita benar-benar kelelahan dalam belajar, akan sangat sulit untuk mengembalikan konsentrasi belajar lagi.
5)    Kebanyakan dari kita belajar diwaktu malam hari, mungkin kita dapat mencoba belajar waktu pagi hari. Ketika malam hari pasti kita telah lelah karena belajar seharian. Tetapi, jika pagi hari sekitar pukul 3 pagi misalnya, capek kita pasti sudah hilang karena telah istirahat penuh dimalam hari.

Yang terpenting dari semuanya adalah keyakinan untuk bisa. Selain belajar rajin, tingkatkan ibadah. Insyaallah masa depan cerah dapat tercapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar